Makanan khas tasikmalaya

1. Makanan Khas Tasikmalaya – Nasi Cikur

Nasi Cikur Tasikmalaya

Bila anda pernah ke Tasik, ada satu warung simpel di pertigaan jalan Panyerutan, jalan Tentara pelajar, yang jual makanan yang khas Tasik yakni nasi cikur. Warung itu mungkin saja hanya satu warung yang jual makanan khas itu.

Meskipun nasi cikur ini di jual di warung yang simpel, namun masalah rasa janganlah di tanyakan lagi, ngeunah pokona mah euy (demikian kata orang Tasik). Terkecuali rasa-rasanya yang pantas dapat acungan jempol dengan juga harga yang relatif murah serta terjangkau. Walau bagaimanapun makanan khas ini dapat bikin perut kita kenyang serta suka pastinya.

2. Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya – Kelontong

Kelontong Tasikmalaya

Pastinya begitu disayangkan dong bila kita pergi ke satu daerah tanpa ada beli satu diantara oleh-oleh khasnya? Nah untuk anda yang akan bertandang ke Tasikmalaya, janganlah lupa untuk beli oleh-oleh ini yakni kelontong.

Camilan khas Tasikmalaya ini terbuat berbahan berasa ketan yang lalu diolah sampai jadi makanan makanan ringan yang enak serta gurih.

3. Kuliner Khas Tasikmalaya – Tutug Oncom

Tutug Oncom Tasikmalaya

Kuliner khas Tasikmalaya yang satu ini adalah makanan asli suku sunda. Tutug oncom atau umum disingkat T. O itu yaitu makanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari nasi yang diaduk berbarengan penambahan oncom goreng maupun oncom bakar.

Dalam bhs sunda kata “tutug” bermakna “menumbuk”, makanan tutug oncom sendiri adalah dari sistem aduk serta tumbuk nasi dengan ocom. Tutug oncom juga ada berbentuk paket sebagai oleh-oleh yang dapat bertahan sampai berbulan-bulan tanpa ada bahan pengawet.

4. Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya – Rengginang

Rengginang Tasikmalaya

Untuk orang-orang sunda rengginan memanglah telah tak asing lagi. Rengginang yang disebut camilan ini umumnya di taruh didalam kotak kaleng sisa kue yang senantiasa ada di hari-hari besar seperti lebaran maupun hari-hari yang lain.

Bila anda akan bertamu waktu hari lebaran ke Jawa Barat, janganlah kaget bila lihat kaleng yang bergambar kue-kue enak namun tentu cocok di buka berisi rengginang. Telah jadi rutinitas unik waktu lebaran. Hehe

5. Makanan Khas Tasikmalaya – Bubur Ayam H Zaenal

Bubur Ayam H Zaenal Tasikmalaya

Buat kamu yang tengah sakit atau yg tidak sukai serta anti dengan nasi, anda dapat coba bubur khas Tasik H Zaenal. Meskipun bubur ayam telah banyak yang menjualnya di beberapa daerah di Indonesia. Namun anda mesti cobalah bubur ini.

Baca juga : 6 Tempat Wisata di Tasikmalaya Paling Menarik

Terkecuali rasa-rasanya yang lezat serta gurih, bubur ayam H. Zaenal senantiasa ramai dikunjungi konsumen baik itu dari Tasikmalaya maupun beberapa pengunjung dari daerah lain yang menginginkan cobanya. Dengan harga yang terjangkau serta rasa yang masihlah terbangun dari saat ke saat, anda dapat mengunjunginya juga di jalan Kalektoran, Tasikmalaya.

6. Oleh-Oleh serta Makanan Khas Tasikmalaya – Sale Pisang

Sale Pisang Tasikmalaya

Sama dengan sale-sale yang umum kita jumpai di beberapa daerah lain. Sale pisang khas Tasikmalaya juga kudu anda cobalah serta bawa pulang sebagai oleh-oleh. Sale yang terbuat dari pisang yang diolah lewat cara di sisir tidak tebal serta dijemur dibawah cahaya matahari dapat segera dikonsumsi maupun digoreng terlebih dulu dengan tepung.

7. Makanan Khas Tasikmalaya – Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman

Bila anda sukai makanan kuah, di Tasikmalaya ada makanan khas yakni soto ayam pataruman yang senantiasa jadi menu favorite serta banyak disukai. Satu diantara penjual soto khas Tasikmalaya yakni Ibu Rina ini telah jual mulai sejak th. 60an serta bertahan sampai saat ini.

Menurut Ibu Rina, tak ada yang khusus dalam soto ayam ini. Namun yang bikin soto ayam pataruman ini laris serta jadi menu favorite yaitu dengan berupaya melindungi serta menjaga citarasa yang khas pada soto itu.

Tertarik menginginkan cobanya? Anda cuma butuh datang ke jalan Pataruman no. 23, Tasikmalaya.

8. Kuliner Tasikmalaya – Mie Bakso Laksana

Mie bakso lezat khas Tasikmalaya

Baso memanglah makanan favorite semuanya. Di semuanya tentu ada serta banyak yang jual baso. Tidak kecuali dengan Tasikmalaya. Dari demikian banyak penjual baso, ada yang bakso yang di rasa begitu enak dari bakso yang lain yakni bakso laksana.

Anda dapat memperoleh mie bakso laksana di jalan Pemuda no. 5, Tasikmalaya. Mie bakso ini di rasa mempunya rasa yang khusus.

9. Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya – Kripik Sukun

Kripik Sukun Tasikmalaya

Tidak sama dengan kripik yang lain yang umum kita jumpai seperti kripik singkong serta yang lain, di Tasikmalaya ada kripik sukun yang terbuat dari buah sukun yang telah masak. Buah sukun yang telah masak tersebut di potong-potong jadi bebrapa sisi kecil, lalu di goreng serta diberi bumbu.

Baca juga : 7 Tujuan Tempat wisata di Tasikmalaya yang Unik

Langkah membuatnya begitu gampang bukan? Namun ada yang lebih gampang lagi dari pada mesti bikin. Yakni beli segera ke Tasikmalaya. Xixixi, sekalian wisata kuliner.

10. Kuliner Tasikmalaya – Kupat Tahu

Kupat Tahu Tasikmalaya

Kupat tahu yang umum banyak kita jumpai di penjual kaki lima ini dapat adalah makanan khas yang perlu dicoba waktu bertandang ke Tasik. Rasa-rasanya yang khas juga jadi argumen buat kamu harus cobanya. Makanan khas ini dapat anda dapatkan di jalan Raya Mangunreja, Singaparna.

Sumber dari : http://wisata-tanahair.com/2017/02/13-kuliner-makanan-khas-tasikmalaya-yang-paling-terkenal.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan khas afrika

10 makanan yang mengandung protein

asal usul seblak